SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH, NUR RIZQA WAHYUNI DAN AMMAR THUFAIL, DITETAPKAN SEBAGAI GREEN AMBASSADOR OLEH KLHK

Banda Aceh - Dua siswa dari SMA Negeri 11, yaitu Nur Rizqa Wahyuni dan Ammar Thufail, telah ditetapkan sebagai Green Ambassador oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penyerahan Surat Keputusan (SK) Green Ambassador dilaksanakan di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK di Banda Aceh, Provinsi Aceh, pada hari Senin, 11 Desember 2023. Menteri LHK Siti Nurbaya yang diwakili oleh Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Hanif Faisol memberikan SK Green Ambassador kepada 36 generasi muda yang berasal dari Simpul Belajar di dua UPT KLHK, yaitu Balai KSDA Aceh dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Krueng Aceh.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Satyawan Pudyatmoko, Menteri LHK Siti Nurbaya menekankan pentingnya persiapan generasi mendatang untuk mewarisi semangat melindungi bangsa dan tanah air. Hal ini termasuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati Indonesia.

Generasi muda, terutama para Green Ambassador, semakin terampil karena mereka dilengkapi dengan pengetahuan, pelatihan, dan pendidikan. Mereka juga memiliki pengalaman baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk memahami berbagai kearifan lokal.

"Yang terpenting adalah memberikan pemahaman bersama kepada masyarakat bahwa memelihara, melindungi, dan mengelola lingkungan adalah bagian dari warisan budaya, aspek lingkungan, ekonomi, serta ketahanan atau daya tahan masyarakat," ungkap Menteri LHK Siti Nurbaya.

Dengan diterimanya SK Green Ambassador, diharapkan gerakan untuk memulihkan lingkungan dan kehutanan akan menjadi lebih besar, inklusif, dan inovatif. Hal ini diharapkan dapat membuat bumi pulih dan nyaman bagi semua makhluk hidup, termasuk tumbuhan dan satwa. Green Ambassador diharapkan juga dapat menjadi salah satu pilar dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, terutama untuk generasi muda.

Kepala SMA Negeri 11 Banda Aceh, Nuriati,  menyatakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Nur Rizqa Wahyuni dan Ammar Thufail atas pencapaian luar biasa mereka sebagai Green Ambassador. Kepercayaan yang diberikan oleh KLHK ini menandai komitmen mereka dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan kehutanan. "Keanggotaan Nur Rizqa Wahyuni dan Ammar Thufail sebagai Green Ambassador tidak hanya merupakan penghargaan bagi mereka sebagai individu, tetapi juga sebuah pengakuan atas dedikasi sekolah ini dalam membentuk generasi yang peduli lingkungan". ungkap Nuriati.

Kami berharap bahwa prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya untuk terlibat aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Selamat kepada Nur Rizqa Wahyuni dan Ammar Thufail atas prestasi gemilang ini. Semoga peran sebagai Green Ambassador dapat membawa dampak positif yang jauh dalam memelihara keindahan alam dan keanekaragaman hayati.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama